Cari disini

Rabu, 09 Oktober 2019

Tugas 4 persamaan, unsur- unsur, tujuan, dan tahapan akuntansi

Soal:

  1. Apa Persamaan dasar Akuntasi !
  2. Unsur – unsur apa saja persamaan dasar akuntansi, dan jelaskan ?
  3. Apa itu laporan keuangan ?
  4. Terdiri apa saja akun yang ada di pasiva (Modal aktif)
  5. Berikan pengertian akuntansi dan tujuan akuntansi secara khusus !
  6. Sebutkan dan jelaskan unsur – unsur yang ada dalam harta lancar !
  7. Sebutkan tahapan dalam siklus akuntansi !

 Jawaban:

1. Persamaan dasar akuntansi yaitu :

keseimbangan dari dua sisi yaitu antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva), sehingga perubahan yang timbul karena adanya transaksi keuangan dan keseimbangannya akan selalu di pertahankan

2. Unsur – unsur persamaan dasar akuntansi yaitu:

 a. Aktiva / Aset (Assets)
 Aset atau aktiva adalah sumber daya yang dimiliki / dikuasai perusahaan akibat suatu peristiwa transaksi masa lalu dan harapannya dimasa depan perusahaan akan memperoleh manfaat ekonomi dari sumber tersebut. 

b. Kewajiban / Hutang / Liabilitas (Liabilities)
Kewajiban  merupakan tanggung jawab perusahaan akibat peristiwa transaksi dimasa lalu  yang harus diselesaikan dengan pengorbanan sumber daya perusahaan 

c. Modal / Ekuitas (Equity)
  Modal merupakan sisa kepentingan dalam aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban



d. Pendapatan (Revenue)
 Pendapatan adalah arus masuk atau peningkatan atas aktiva atau penurunan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan/penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

e. Beban (Expenses)
 Beban merupakan arus keluar atau penggunaan atas aktiva atau peningkatan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan/penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

f. Prive (Drawing)
Prive bisa diartikan sebagai pengambilan aset (kas) perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadi.

3. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut

4. Akun-akun Pasiva terdiri dari :
a. Hutang Jangka Pendek / Current Liabilitas

  • Utang Dangan / Account Payable
  • Utang Wesel / Notes Payble
  • Beban yang Harus Dibayarkan / Accrued Interest Payable
  • Penghasilan yang Ditangguhkan / Differed Revenue
  • Pendapatan Ditermia Dimuka / Unearned Revenue
  • Utang Gaji / Salaries Payable
  • Utang Deviden / Deviden Payable
  • Hutang Pajak / Tax Payable
b. Hutang Jangka Panjang / Long Term Liabilities 

  • Utang Bank
  • Utang Hipotik
  • Utang Obligasi / Bond Payable
  • Kredit Noveltasi / Long Term Loan
  • Utang Suberduresi /Subordinated Loan
  • Utang Sewa Dana / Payable Leasme
  • Utang Pemagan Sahan / Holding Company Loan
  • Utang Sewa Jangka Panjang / Long Term Lent Liabilities
c. Modal atau Capital  

5. Pengertian Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan
Secara khusus, tujuan akuntansi adalah untuk menyediakan informasi dalam bentuk laporan yang memuat posisi keuangan, hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar sesuai Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP)

6.Terdapat lima unsur pokok dari aktiva lancar, yaitu:
a. Kas ==> Disajikan sesuai dengan jumlah yang benar-benar ada sebesar nilai nominalnya.
b. Surat-surat berharga ==> memanfaatkan kas menganggur, disajikan sebesar harga pokok atau LOCOM 
c. Tagihan (Piutang) ==> disajikan berdasar jumlah yang diperkirakan akan dapat diterima pembayarannya (sebesar nilai realisasi)  
d.Persediaan ==> disajikan berdasar harga pokok atau LOCOM
e. Pos-pos Transitoris dan Antisipasi ==> biaya dibayar di muka dan pendapatan yang masih akan diterima  

7.Tahapan dalam siklus akuntansi yaitu : 
a. Identifikasi Transaksi
b. Analisis Transaksi
c. Pencatatan Transaksi Kedalam Jurnal  
d. Posting Buku Besar 
e. Penyusunan Neraca Saldo
f. Penyusunan Jurnal Penyesuaian 
g. Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian  
h. Penyusunan Laporan Keuangan  
i. Penyusunan Jurnal Penutup 
j. Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penutupan (Opsional)  
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar