Soal:
- Berikan pengertian barang dan jasa serta 3 perbedaannya
- Berikan pengertian barang substitusi dengan barang komplementer beserta contohnya
- Apa perbedaan selling konsep dengan marketing konsep ditinjau dari tiga sudut pandang: tujuan, falsafah , dan personalia ?
- Apa motif konsumen datang memilih belanja di kita ?
- Gambarlah curve permintaan, curve penawaran dan curve pasar (titik equilibrium)
Jawaban:
1. Pengertian barang dan jasa yaitu :
a. Barang
adalah komoditas atau produk berwujud yang dapat dikirim atau dijual ke
pelanggan sehingga melibatkan pengalihan kepemilikan dari penjual ke pembeli
b.
jasa adalah kegiatan tidak berwujud yang dapat diidentifikasikan secara
terpisah dan memberikan kepuasan dari suatu keinginan
c. Perbedaannya yaitu:
-Barang adalah komoditas atau produk yang siap dibeli oleh pelanggan dengan harga tertentu, sedangkan Layanan (jasa) adalah manfaat atau fasilitas yang disediakan oleh pihak lain
-Barang adalah sesuatu yang berwujud atau tanjibel (tangiable) yaitu sesuatu yang dapat dilihat atau disentuh, sedangkan layanan (jasa) adalah produk yang tidak berwujud (intangiable).
-Ketika pelanggan membeli barang dengan harga tertentu, kepemilikan barang tersebut akan berpindah tangan dari penjual ke pembeli. Sebaliknya, kepemilikan jasa atau layanan tidak dapat dipindahtangankan
2. Pengertian Barang subtitusi dan Barang komplementer yaitu:
a. Barang subtitusi merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang
saling menggantikan fungsinya dengan sempurna. Contohnya : nasi dengan roti
b. Barang komplementer merupakan barang yang kegunaannya saling
melengkapi satu sama lain. Contohnya : gula dengan kopi
3.
Perbedaan Selling konsep dan
marketing konsep
|
||
Sudut
pandang
|
Selling
konsep
|
Marketing
konsep
|
1.
Tujuan
|
Laba melalui volume penjualan
|
Laba melalui kepuasan konsumen
|
2.
Falsafah
|
Penjualan dan promosi
|
Pemasaran terpadu
|
3.
Personalia
|
Produk
|
Kebutuhan konsumen
|
4.4. Beberapa motif konsumen belanja di
kita yaitu
Motif
manfaat, motif rasa bangga, motif ingin meniru, Motif perasaan kuatir dan rasa takut,
motif ingin mengetahui lebih mendalam, motif ingin bersaing, motif iri hati
5.5.
Beberapa kurve ekonomi yaitu :
a.
Kurve Permintaan
b. kurve Penawaran
c. Kurve Keseimbangan Pasar (Equilibrium)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar